Senin, 24 Maret 2014

Budaya Perusahaan P.T. Telekomunikasi Indonesia dan P.T. Indosat

I.                  Observasi Budaya Perusahaan BUMN PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
Telkom senantiasa membangun sistem dan budaya Perusahaan yang terintegrasi sebagai pendekatan pengelolaan bisnis yang komprehensif untuk mencapai keunggulan kinerja Perusahaan, menjalankan kepatuhan, menjalankan bisnis yang beretika dan dimilikinya kesadaran Perusahaan dan karyawan yang peka akan tanggung jawab sosial kepada masyarakat sebagai wujud warga negara yang baik. Lebih dari itu sistem dan budaya terus dikembangkan sesuai dengan tuntutan dan perubahan bisnis untuk mewujudkan cita-cita agar Telkom terus maju, dicintai pelanggannya, kompetitif di industrinya dan dapat menjadi role model Perusahaan. Sejak tahun 2009 dilakukan transformasi budaya baru Perusahaan yang disebut dengan “The Telkom Way”.


Budaya Perusahaan The Telkom Way memiliki lima nilai Perusahaan yaitu:Commitment to long-term,yang berarti telkom terus berusaha menjadi teman setia dari pelanggannya dan berkomitmen bersama untuk jangka yang panjang jadi tercipta suatu hubungan bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak.Customer first,yang berarti Telkom lebih mengutamakan kepentingan pelanggan diatas kepentingan apapun karena Telkom beranggapan bahwa pelangganlah yang menentukan kemajuan Telkom jadi Telkom memperlakukan pelanggannya semaksimal mungkin, terbukti dengan salah satunya adalah layanan Customer Service 24 jam bebas pulsa dan juga kantor Telkom yang berada hampir diseluruh Indonesia dengan pelayanan yang luar biasa yang diberikan oleh Telkom untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Caring, yang berarti Telkom peduli atas setiap urusan pelanggan yang berhubungan dengan Internal Telkom, dalam pelayanannya Telkom berusaha untuk se-simple mungkin namun tetap fokus karena Telkom memperdulikan waktu yang terbuang jika pelayananan yang diberikan olehnya terkesan ribet dan berbelit-belit.Co-creation of win-win partnership,Telkom selalu berusaha menciptakan iklim kemitraan yang baik dengan mitranya oleh karena itu Telkom selalu berusaha juga menciptakan win-win solution untuk urusan kemitraan agar tidak ada yang merasa dirugikan antara satu dengan lainnya sehingga kerjasama dapat berjalan dengan baik sesuai harapan kedua belah pihak.  DanCollaborative innovation, yang dimana Telkom selalu mengeluarkan inovasi-inovasi untuk menjaga kestabilan perusahaan juga untuk menarik pelanggan lebih banyak lagi tetapi tetap dengan cara yang baik yaitu pengembangan inovasi seperti pemberian diskon-diskon paket bulanan, pemberian modem gratis bagi pelanggan baru, berusaha memaksimalkan kualitas koneksi setiap harinya agar pelanggan puas. Selanjutnya semua nilai-nilai budaya perusahaan yang kami miliki kami sebut dengan istilah 5C. Nilai-nilai 5C merupakan upgrade dari nilai-nilai budaya perusahaan yang terdahulu, dengan lebih menonjolkan terbangunnya perilaku baru  yang spesifik melalui beberapa pendekatan. Pada semester II tahun 2012, Perusahaan menetapkan Great Spirit 3S (Solid, Speed, Smart)  agar lebih memacu pencapaian kinerja unggul.
Setiap tahun kami melakukan survei internal untuk mengetahui efektivitas penerapan budaya Perusahaan dan etika bisnis, kami menyebutnya dengan istilah Etika BisnisFamily Survey. Beberapa pertanyaan survei kami tanyakan kepada karyawan secaraonline agar dapat menjangkau semua karyawan secara cepat, antara lain meliputi: GCG, Etika Bisnis, Tata Nilai The Telkom Way, anti fraud, pengendalian internal, pakta integritas, whistleblowing system, dan lain-lain dan hasil survei tiga tahun terakhir adalah 73,62 poin (tahun 2010); 79,07 poin (tahun 2011) dan 76,53 poin (tahun 2012) dari skala 100 poin.

II.               Observasi Budaya Perusahaan BUMS PT. Indosat, Tbk.
PT. Indosat, Tbk adalah perusahaan operator seluler dimana sebagian besar sahamnya dimiliki perusahaan asing. Budaya dari perusahaan ini tercermin dalam service yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada para customer yang mengacu pada visi dan misi perusahaan serta makna dari “Techno Flower” yang merupakan logo baru Indosat.
Indosat mengeluarkan Logo baru yang dinamai Techno Flower, perusahaan mencoba mengganti Logo untuk memenangkan persaingan antar operator seluler. Logo berbentuk antara gabungan dari tiga bangun elips masing-masing dengan warna biru, kuning, dan merah yang tersusun bertumpuk hingga menjadi bangun bintang permata di tengahnya. Logo itu dipercantik dengan teks “indosat” di sebelah kanan serta motto “The Future Is Here” di bawah teks “indosat” yang menggantikan motto lama “Easier, Simpler, Better.”
Masing-masing warna yang terdapat dalam bentuk elips mempunyai makna tersendiri. Makna dari warna tersebut adalah:
MERAH menggambarkan masyarakat Indonesia.
BIRU melambangkan keunggulan teknologi.
KUNING melambangkan komunikasi yang ramah.
Keramahan merupakan salah satu inti makna dari logo baru ini. Keramahan dilambangkan dengan bunga (Flower). Teks “indosat” di samping kanan bentuk elips seluruhnya sengaja ditulis dengan huruf kecil untuk melambangkan keramahan. Sedangkan teks “The Future Is Here” di bawah “indosat” merupakan motto baru yang memperlihatkan Indosat mampu menerapkan teknologi terbaru di Indonesia.
Selain itu, PT. Indosat, Tbk memiliki budaya bekerja yang memungkinkan karyawan lebih produktif dan menyenangkan dalam bekerja. Indosat berupaya menciptakan lingkungan kerja yang positif bagi seluruh karyawan. Tujuannya adalah untuk menyediakan lingkungan di mana karyawan dapat menikmati pekerjaan mereka dan saat bersamaan juga didorong memberikan kemampuan terbaik mereka.
·         Karyawan Indosat disediakan ruang kerja yang nyaman, aman dan sehat untuk melakukan pekerjaannya. Kebijakan dilarang merokok diberlakukan di semua area kantor, sementara bangunan kantor dilengkapi dengan fasilitas seperti kantin, mushola, ruang menyusui, perpustakaan, klinik, dan fasilitas olahraga.
·         Dengan jumlah jam kerja yang telah ditetapkan perusahaan, karyawan memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan jadwal masuk dan pulang kerja sesuai beban kerja masing-masing atau untuk mengakomodasi keperluan penting di luar kerja. Demikian pula, aturan berpakaian yang fleksibel memungkinkan karyawan untuk berpakaian formal atau santai sesuai dengan waktu kerja atau tuntutan pekerjaan mereka.
·         Indosat mendorong karyawan untuk menyeimbangkan kerja dengan kehidupan sosial dalam lingkungan kantor. Pertemuan karyawan yang disponsori oleh perusahaan, di samping berbagai acara kesenian dan olahraga, adalah beberapa cara untuk mempererat ikatan di antara karyawan di luar hubungan kerja formal.
·         Di tahun 2010, Indosat tengah menjalankan program Transformasi, yang mulai memperlihatkan hasil, antara lain melalui peningkatan nyata produktivitas karyawan tahun 2010 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang diukur dari total pendapatan per jumlah karyawan, yakni sebesar 11,96%.
·         Produktivitas kerja juga terkait erat dengan kesejahteraan karyawan, yaitu ukuran kepuasan karyawan bahwa dengan menjalankan pekerjaan dengan baik, berarti mereka melakukannya untuk kesejahteraan mereka sendiri termasuk kesejahteraan anggota keluarga.
·         Remunerasi yang adil yang dikaitkan dengan kinerja perorangan dan kinerja perusahaan. Indosat menanamkan budaya kerja berbasis kinerja dengan menggunakan sistem Manajemen Kinerja Karyawan yang mengkaitkan kompensasi keuangan dengan performansi kerja aktual berdasarkan target Key Performance Indicator. Dari waktu ke waktu, kami    juga mengadakan survei gaji secara independen dengan perbandingan sesama perusahaan di industri yang sama dan di beberapa sektor serupa. Hal ini memberikan dasar untuk penyesuaian struktur gaji yang dilakukan secara berkala, untuk memastikan bahwa kami tetap merupakan salah satu perusahaan sebagai pilihan tempat berkarir di Indonesia.
·         Tunjangan kesehatan dan skema perlindungan sosial. Karyawan berhak atas pemeriksaan kesehatan rutin yang komprehensif, sedangkan fasilitas klinik medis dan gigi gratis disediakan untuk karyawan dan anggota keluarga mereka di gedung kantor kami atau melalui kerjasama dengan sejumlah penyedia layanan kesehatan. Di samping itu, perlindungan asuransi meliputi biaya rawat inap termasuk operasi, melahirkan, pemeriksaaan laboratorium, dan fisioterapi. Karyawan tetap juga secara otomatis terdaftar dalam program dana pensiun yang disponsori oleh perusahaan.
·         Sesuai dengan UU Ketenagakerjaan di Indonesia, karyawan mendapatkan cuti tahunan serta cuti khusus seperti cuti yang terkait dengan musibah dan cuti mutasi kerja.

·         Indosat mendirikan Koperasi Karyawan, yang menyediakan berbagai manfaat untuk anggotanya seperti pinjaman lunak untuk tujuan konsumtif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar