I.
Observasi Budaya Perusahaan BUMN PT. Telekomunikasi
Indonesia, Tbk.
Telkom senantiasa
membangun sistem dan budaya Perusahaan yang terintegrasi sebagai pendekatan
pengelolaan bisnis yang komprehensif untuk mencapai keunggulan kinerja
Perusahaan, menjalankan kepatuhan, menjalankan bisnis yang beretika dan
dimilikinya kesadaran Perusahaan dan karyawan yang peka akan tanggung jawab
sosial kepada masyarakat sebagai wujud warga negara yang baik. Lebih dari itu
sistem dan budaya terus dikembangkan sesuai dengan tuntutan dan perubahan
bisnis untuk mewujudkan cita-cita agar Telkom terus maju, dicintai
pelanggannya, kompetitif di industrinya dan dapat menjadi role model
Perusahaan. Sejak tahun 2009 dilakukan transformasi budaya baru Perusahaan yang
disebut dengan “The Telkom Way”.
Budaya Perusahaan The
Telkom Way memiliki lima nilai Perusahaan yaitu:Commitment to long-term,yang
berarti telkom terus berusaha menjadi teman setia dari pelanggannya dan
berkomitmen bersama untuk jangka yang panjang jadi tercipta suatu hubungan
bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak.Customer first,yang
berarti Telkom lebih mengutamakan kepentingan pelanggan diatas kepentingan
apapun karena Telkom beranggapan bahwa pelangganlah yang menentukan kemajuan
Telkom jadi Telkom memperlakukan pelanggannya semaksimal mungkin, terbukti
dengan salah satunya adalah layanan Customer
Service 24 jam bebas pulsa dan juga kantor Telkom yang berada hampir
diseluruh Indonesia dengan pelayanan yang luar biasa yang diberikan oleh Telkom
untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Caring, yang berarti Telkom peduli
atas setiap urusan pelanggan yang berhubungan dengan Internal Telkom, dalam
pelayanannya Telkom berusaha untuk se-simple
mungkin namun tetap fokus karena Telkom memperdulikan waktu yang terbuang jika
pelayananan yang diberikan olehnya terkesan ribet dan berbelit-belit.Co-creation
of win-win partnership,Telkom
selalu berusaha menciptakan iklim kemitraan yang baik dengan mitranya oleh
karena itu Telkom selalu berusaha juga menciptakan win-win solution untuk urusan kemitraan agar tidak ada yang merasa
dirugikan antara satu dengan lainnya sehingga kerjasama dapat berjalan dengan
baik sesuai harapan kedua belah pihak. DanCollaborative
innovation, yang dimana Telkom selalu mengeluarkan inovasi-inovasi
untuk menjaga kestabilan perusahaan juga untuk menarik pelanggan lebih banyak
lagi tetapi tetap dengan cara yang baik yaitu pengembangan inovasi seperti
pemberian diskon-diskon paket bulanan, pemberian modem gratis bagi pelanggan
baru, berusaha memaksimalkan kualitas koneksi setiap harinya agar pelanggan
puas. Selanjutnya semua nilai-nilai budaya perusahaan yang kami miliki kami
sebut dengan istilah 5C. Nilai-nilai 5C merupakan upgrade dari nilai-nilai
budaya perusahaan yang terdahulu, dengan lebih menonjolkan terbangunnya
perilaku baru yang spesifik melalui
beberapa pendekatan. Pada semester II tahun 2012, Perusahaan menetapkan Great
Spirit 3S (Solid, Speed, Smart) agar
lebih memacu pencapaian kinerja unggul.
Setiap tahun kami
melakukan survei internal untuk mengetahui efektivitas penerapan budaya
Perusahaan dan etika bisnis, kami menyebutnya dengan istilah Etika BisnisFamily
Survey. Beberapa pertanyaan survei kami tanyakan kepada karyawan secaraonline
agar dapat menjangkau semua karyawan secara cepat, antara lain meliputi: GCG,
Etika Bisnis, Tata Nilai The Telkom Way, anti fraud, pengendalian internal,
pakta integritas, whistleblowing system, dan lain-lain dan hasil survei tiga
tahun terakhir adalah 73,62 poin (tahun 2010); 79,07 poin (tahun 2011) dan
76,53 poin (tahun 2012) dari skala 100 poin.
II.
Observasi Budaya Perusahaan BUMS PT. Indosat, Tbk.
PT. Indosat, Tbk adalah
perusahaan operator seluler dimana sebagian besar sahamnya dimiliki perusahaan
asing. Budaya dari perusahaan ini tercermin dalam service yang diberikan oleh
pihak perusahaan kepada para customer yang mengacu pada visi dan misi
perusahaan serta makna dari “Techno Flower” yang merupakan logo baru Indosat.
Indosat mengeluarkan
Logo baru yang dinamai Techno Flower, perusahaan mencoba mengganti Logo untuk
memenangkan persaingan antar operator seluler. Logo berbentuk antara gabungan
dari tiga bangun elips masing-masing dengan warna biru, kuning, dan merah yang
tersusun bertumpuk hingga menjadi bangun bintang permata di tengahnya. Logo itu
dipercantik dengan teks “indosat” di sebelah kanan serta motto “The Future Is
Here” di bawah teks “indosat” yang menggantikan motto lama “Easier, Simpler,
Better.”
Masing-masing warna
yang terdapat dalam bentuk elips mempunyai makna tersendiri. Makna dari warna
tersebut adalah:
MERAH menggambarkan masyarakat Indonesia.
BIRU melambangkan keunggulan
teknologi.
Keramahan merupakan
salah satu inti makna dari logo baru ini. Keramahan dilambangkan dengan bunga
(Flower). Teks “indosat” di samping kanan bentuk elips seluruhnya sengaja
ditulis dengan huruf kecil untuk melambangkan keramahan. Sedangkan teks “The
Future Is Here” di bawah “indosat” merupakan motto baru yang memperlihatkan
Indosat mampu menerapkan teknologi terbaru di Indonesia.
Selain itu, PT.
Indosat, Tbk memiliki budaya bekerja yang memungkinkan karyawan lebih produktif
dan menyenangkan dalam bekerja. Indosat berupaya menciptakan lingkungan kerja
yang positif bagi seluruh karyawan. Tujuannya adalah untuk menyediakan
lingkungan di mana karyawan dapat menikmati pekerjaan mereka dan saat bersamaan
juga didorong memberikan kemampuan terbaik mereka.
·
Karyawan Indosat
disediakan ruang kerja yang nyaman, aman dan sehat untuk melakukan
pekerjaannya. Kebijakan dilarang merokok diberlakukan di semua area kantor,
sementara bangunan kantor dilengkapi dengan fasilitas seperti kantin, mushola,
ruang menyusui, perpustakaan, klinik, dan fasilitas olahraga.
·
Dengan jumlah
jam kerja yang telah ditetapkan perusahaan, karyawan memiliki fleksibilitas
untuk menyesuaikan jadwal masuk dan pulang kerja sesuai beban kerja
masing-masing atau untuk mengakomodasi keperluan penting di luar kerja.
Demikian pula, aturan berpakaian yang fleksibel memungkinkan karyawan untuk
berpakaian formal atau santai sesuai dengan waktu kerja atau tuntutan pekerjaan
mereka.
·
Indosat
mendorong karyawan untuk menyeimbangkan kerja dengan kehidupan sosial dalam
lingkungan kantor. Pertemuan karyawan yang disponsori oleh perusahaan, di
samping berbagai acara kesenian dan olahraga, adalah beberapa cara untuk
mempererat ikatan di antara karyawan di luar hubungan kerja formal.
·
Di tahun 2010,
Indosat tengah menjalankan program Transformasi, yang mulai memperlihatkan
hasil, antara lain melalui peningkatan nyata produktivitas karyawan tahun 2010
dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang diukur dari total pendapatan per
jumlah karyawan, yakni sebesar 11,96%.
·
Produktivitas
kerja juga terkait erat dengan kesejahteraan karyawan, yaitu ukuran kepuasan
karyawan bahwa dengan menjalankan pekerjaan dengan baik, berarti mereka
melakukannya untuk kesejahteraan mereka sendiri termasuk kesejahteraan anggota
keluarga.
·
Remunerasi yang
adil yang dikaitkan dengan kinerja perorangan dan kinerja perusahaan. Indosat
menanamkan budaya kerja berbasis kinerja dengan menggunakan sistem Manajemen
Kinerja Karyawan yang mengkaitkan kompensasi keuangan dengan performansi kerja
aktual berdasarkan target Key Performance Indicator. Dari waktu ke waktu,
kami juga mengadakan survei gaji
secara independen dengan perbandingan sesama perusahaan di industri yang sama
dan di beberapa sektor serupa. Hal ini memberikan dasar untuk penyesuaian
struktur gaji yang dilakukan secara berkala, untuk memastikan bahwa kami tetap
merupakan salah satu perusahaan sebagai pilihan tempat berkarir di Indonesia.
·
Tunjangan
kesehatan dan skema perlindungan sosial. Karyawan berhak atas pemeriksaan
kesehatan rutin yang komprehensif, sedangkan fasilitas klinik medis dan gigi
gratis disediakan untuk karyawan dan anggota keluarga mereka di gedung kantor
kami atau melalui kerjasama dengan sejumlah penyedia layanan kesehatan. Di
samping itu, perlindungan asuransi meliputi biaya rawat inap termasuk operasi,
melahirkan, pemeriksaaan laboratorium, dan fisioterapi. Karyawan tetap juga
secara otomatis terdaftar dalam program dana pensiun yang disponsori oleh
perusahaan.
·
Sesuai dengan UU
Ketenagakerjaan di Indonesia, karyawan mendapatkan cuti tahunan serta cuti
khusus seperti cuti yang terkait dengan musibah dan cuti mutasi kerja.
·
Indosat
mendirikan Koperasi Karyawan, yang menyediakan berbagai manfaat untuk
anggotanya seperti pinjaman lunak untuk tujuan konsumtif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar