Senin, 10 Maret 2014

Karakter Kegiatan Publik Internal Perusahaan BUMN TVRI dan Perusahaan Trans Corp


I.  Analisa Kegiatan Publik Internal BUMN TVRI ( Televisi Republik Indonesia )

Televisi Republik Indonesia atau yang biasa dikenal dengan sebutan TVRI adalah sebuah stasiun televisi milik negara satu-satunya yang masih aktif hingga sekarang. TVRI memiliki Divisi Humas yang memiliki peran penting dalam kegiatan internal maupun eksternal TVRI itu sendiri, untuk itu Humas dituntut untuk melakukan reposisioning peran, tugas dan tanggung jawab melalui penataan di seluruh elemen berupa penataan kelembagaan, sumber daya manusia, tata laksana dan pelayanan publik di mana unit kerja Humas adalah sebagai institusi pembangun citra lembaga. Menyadari begitu pentingnya peranan Humas dalam suatu organisasi guna membangun citra organisasi/institusi/lembaga dimata masyarakat maka peranan Humas harus benar-benar diberdayakan terlebih saat ini Humas sudah merupakan bagian dari mekanisme manajemen dalam pengambilan keputusan seiring dengan perubahan statusnya sebagai Lembaga Penyiaran Publik.


Humas Internal adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan hubungan yang harmonis, baik vertikal maupun horizontal guna terwujudnya suasana kerja yang kondusif dilingkungan TVRI, dalam bentuk :
1.      Melakukan dialog informal dengan para pimpinan satuan kerja dan karyawan dalam upaya memperoleh informasi berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan.
2.      Mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan tatap muka dalam rangka mensosialisasikan visi dan misi perusahaan.
3.      Merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan penerbitan bulletin intern dengan tujuan :
a.        Sebagai sarana media komunikasi timbal balik antara pimpinan dan karyawan.
b.      Sebagai sarana untuk meningkatkan wawasan karyawan mengenai dunia pertelevisian.
c.       Sebagai sarana untuk menyalurkan hobby dan bakat di bidang penulisan naskah bagi karyawan TVRI.
4.      Menyediakan papan pengumuman sebagai suatu kelengkapan penyebaran informasi yang perlu diketahui karyawan.

5.      Menyelenggarakan suatu kegiatan yang bertujuan meningkatkan keakraban di antara karyawan serta keluarganya dengan memanfaatkan event-event nasional dan peringatan hari jadi TVRI.
   II.    Analisa kegiatan Publik Internal Perusahaan Televisi Swasta Trans Corp (Transmania)


Transmania dibentuk sejak 2006 yang dibuat oleh televisi nasional. Komunitas Transmania menjadikan duta muda Transmania sebagai icon pemirsa muda Trans TV yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan disekitarnya melalui beraneka ragam kegiatan positif bersama Trans TV. Transmania dibawah naungan marketing PR Trans TV merupakan komunitas anak muda yang kreatif, mandiri, dengan selalu menghadirkan program kegiatan yang menarik, edutainment dan komunikatif.
      Strategi PR dalam membentuk Transmania dapat dilihat dari perencanaan program yang diselenggarakan secara intens, baik dari pihak Trans TV maupun dari dalam komunitas Transmania itu sendiri. Marketing Publik Relations Trans TV membuat program kerja dengan membentuk Transmania sebagai tujuan untuk membangun brand loyalty terhadap Trans TV. Melalui rencana program kerja dalam menciptakan brand image dan sebagai wujud program CSR, marketing public relations telah berhasil menciptakan strategi dalam pembentukan Transmania sebagai wadah berkumpulnya para pemirsa setia Trans TV dan usaha untuk membangun loyalitas komunitas tidak hanya melalui program acaranya saja.
      Komunitas Transmania memiliki rasa kekeluargaan dan persahabatan yang dapat dilihat dari perasaan saling melengkapi, minat yang sama, kreatifitas yang tinggi, perasaan peduli antara satu dengan yang lain agar seluruh anggota dalam komunitas tetap kompak. Hal ini dapat dilihat dengan adanya serangkaian kegiatan internal seperti :
-          Kumpul-kumpul sharing antar anggota setiap kesempatan.
-          Berkumpul setiap akhir pekan untuk sekedar hangout bareng.
-          Menentukan hari tertentu untuk digunakan sebagai penyelenggaraan event-event internal.
-          Cangkruk antar anggota setiap ada kesempatan membahas ide-ide kreatif.
-          Kegiatan olahraga rutin setiap pagi yang difasilitasi oleh Trans TV.

   III.   Analisa perbedaan antara BUMN dan Swasta


Menurut kelompok kami, perbedaannya sangat terlihat jelas yaitu di BUMN kegiatan internal perusahaan cenderung kaku dan tidak uptodate sedangkan perusahaan swasta lebih uptodate dan tidak kaku. Maka dari itu untuk perusahaan di Indonesia perusahaan swasta cenderung lebih maju daripada BUMN karena perusahaan swasta lebih mengikuti perkembangan zaman. Selanjutnya menurut kelompok kami, kegiatan internal di BUMN tetap mengacu pada peraturan tetap perusahaan jadi terkesan sangat patuh peraturan dan berlangsung datar setiap harinya sehingga kami menganalisa hal ini menyebabkan pihak internal dari BUMN itu sendiri merasa jenuh sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal. Berbeda dengan perusahaan swasta yang berkreatifitas secara bebas sehingga kreatifitas yang dibangun oleh para anggota dapat terus berjalan lancar sehingga terjalin kerja sama yang baik antara perusahaan dan karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar